Kamis, 12 November 2009

ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL UGM

(http://www.s1hi.fisipol.ugm.ac.id)

Overview
Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UGM pada tahun 2003 mendapat penilaian Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Indeks Prestasi Kumulatif rata-rata lulusan S1- HI yang besarnya 3,33 dalam lima tahun terakhir (2001 dan 2005) menunjukkan adanya proses pendidikan yang baik sekaligus merupakan nilai positif bagi para lulusannya untuk bersaing di pasar kerja. Lulusan HI UGM saat ini tersebar di berbagai instansi pemerintah maupun swasta.

:: UNDERGRADUATE PROGRAM

Competence
Jurusan Ilmu Hubungan Internasional UGM membantu dan memfasilitasi pengembangan kompetensi mahasiswa agar memiliki kemampuan analitis dan praktis, serta kesadaran untuk bersikap kritis terhadap berbagai dimensi hubungan internasional, berdasarkan norma dan prinsip multilateralisme, perdamaian internasional, dan politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif.

Focus of Study
Kurikulum yang dikembangkan Jurusan Ilmu Hubungan Internasional disesuaikan dengan tuntutan pasar kerja dan calon pengguna. Kurikulum tersebut dikelompokkan ke dalam empat kelompok kompetensi keilmuan, yaitu:

1. Diplomatic Affairs
Kompetensi di bidang pengetahuan dan ketrampilan untuk bekerja di Departemen/Kementerian Luar Negeri dan institusi-institusi diplomatik lainnya seperti kedutaan dan misi asing di dalam negeri.
2. Transnational Affairs
Kompetensi di bidang pengetahuan dan ketrampilan untuk bekerja pada beragam institusi transnasional yang mengembangkan berbagai bentuk kerjasama transnasional.
3. Analysts and Academia
Kompetensi di bidang pengetahuan dan ketrampilan untuk bekerja dalam kegiatan-kegiatan riset/penelitian dan pengajaran dalam studi hubungan internasional.
4. Journalistic Works
Kompetensi di bidang pengetahuan dan ketrampilan untuk bekerja dalam bidang jurnalistik dan media massa, terutama yang mengandalkan pengetahuan dan ketrampilan dalam menangani masalah-masalah internasional dan transnasional.

Learning Method
Kelas-kelas di Jurusan Hubungan Internasional UGM mengkombinasikan berbagai metode, termasuk focused group discussion, penugasan dan presentasi kelompok, permainan, permainan peran, simulasi, kunjungan lapangan, wawancara, curah pendapat, survey kelas, pemutaran dan diskusi film, membuat produk audio-visual, kuis, debat, sel belajar, seminar pembicara tamu, tutorial, serta ceramah.

Career Opportunities
Lulusan program studi ini disiapkan untuk menjadi diplomat, analis politik internasional, staf perusahaan swasta, departemen pemerintah, perbankan, dosen, dan peneliti.

Admission
Detailed admissions information is available on http://um.ugm.ac.id

Contact
For any quiries please contact
Sekretariat HI UGM
Jl. Sosio Yustisia No. 1. Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia 55281.
Telp. +62.274.563362 ext. 210, 215
Fax. +62.274.56362
Email: hi.fisipol@ugm.ac.id

POSTGRADUATE PROGRAM: Master in International Relations

Introduction
Program Master Hubungan Internasional UGM dirancang sebagai studi hubungan internasional tingkat lajut dengan 2 (dua) fokus kajian, yakni politik internasional dan kerjasama pembangunan internasional. Kajian mengenai diplomasi, isu-isu global kontemporer, ekonomi politik global, rezim internasional, perspektif dalam politik global dan politik luar negeri Indonesia menjadi inti dari program studi ini.

Focus of Study
• International Politics
Fokus kajian politik internasional dimaksudkan untuk mengeksplorasi perkembangan teorisasi, praktik dan isu-isu keamanan internasional, regionalisme, politik hukum internasional, kosmopolitanisme dan norma-norma internasional.

• Kerjasama Pembangunan Internasional
Fokus kajian kerjasama pembangunan internasional dirancang untuk mendalami perkembangan teorisasi, praktik, dan isu-isu dalam perdagangan dan inventasi internasional, global value chain (GVC), kerjasama internasional, dan pembangunan yang beretika.

Prospective Student
Fresh graduate, pegawai Departemen Luar Negeri, karyawan MNC, NGO asing, akademisi, aktivis partai, dan lainnnya

Career Opportunities
Akademisi, Departemen Luar Negeri, Perbankan, Multi National Corporation, aktivis NGO luar negeri, peneliti, dan lainnya.

Alumnae’s Testimony
• “saya mendapatkan banyak insight baru yang nantinya akan banyak membantu dalam interaksi saya dengan ranah akademis”
Arief Dharmawan, SIP., MSi
Dosen HI UNSOED (Universitas Jenderal Sudirman)
Alumni angkatan IV

Admission
Detailed admissions information is available on http://www.s1hi.fisipol.ugm.ac.id

Contact
Sekretariat Program Master Hubungan Internasional Fisipol UGM
Gedung Fisipol UGM Lt. 2 Jl. Sosio Yustisia 1 Bulaksumur, Yogyakarta
Telp/fax: (0274) 563362 ext 210 dan 222
HP: 0818266790

| Free Bussines? |

2 komentar:

  1. kak,ada link yang bisa dibuka tentang persyaratan masuk HI gak?

    BalasHapus
  2. apa ada syarat khusus masuk jurusan HI di UGM,,tolong jelaskan..dan berapa biaya kira kira untuk di persiapkan

    BalasHapus

comment yaa.....