Senin, 16 Januari 2012

jadi MAHASISWA kudu SEHAT !

Pagi ini agak sedikit aneh ketika tv di rumah enggak mantengin acara rutin Global TV Dora The Explorer ato SpongeBoB, tontonan wajib adek tiap pagi. Gak tau kenapa malah nyasar ke acara infotaiment yang beritanya lumayan menyeramkan. Hehehehe. Seorang ibu salah satu artis ibukota meninggal karena sakit LIVER. Sakit yang ternyata gak main2 juga ya akibatnya, padahal penyebabnya adalah sesuatu hal yang dianggap sepele, what’s that? MAAG.hmmm,,, Dan satu lagi seorang artis yang terpaksa dirawat di RS karena ‘bandel’ tidak mau dirawat setelah beberapa kali bolak-balik ke dokter.


Nah lohh jadi review acara infotaiment deh, hehehe.  Jadi apa relevansi  sama judul di atas? Oke, sedikit ingin berbagi pada sodara-sodara sekalian, tentang sebuah pengalaman yang mungkin bisa dijadikan pelajaran :)
Kalau kata dokter, penyakit umum mahasiswa adalah sakit maag, tipus, diare, infeksi lambung, dan sejenisnya seputar pencernaan. Kata dokter  juga sih itu penyakit GAK KEREN BANGET. Hahahahaha... wonder, emang selama ini ada ya sakit yg keren? :p

Terus terus, kenapa sih mahasiswa sering bangeeet kena sakit2 kaya gitu? Alasan pertama dan utama adalah karena mahasiswa cenderung makan tidak teratur, makan hanya ketika mereka lapar, dan makan sembarangan. Tidak melihat kebersihan makanan dan kandungan gizi. Wow! Alasannya KLISE bangeeet yaak? Tapi jangan mengelak, memang begitulah adanya mahasiswa. Hehehe
Mungkin banyak diantara teman2 semua yg sudah pernah atau sedang mengalami sakit-sakit di atas, terus apa dong solusinya? Saya coba review apa yang dokter katakan,,, coba yaaa, (krn saya memang tidak expert di bidang ini.hehehe)

Yang pertama makanlah denga teratur. Makan teratur itu seperti apa sih? Makan pagi di pagi hari, makan siang di siang hari, dan makan malam ya di malam hari. Yaeyaaalaahhh,,hehehe... 
Bagi mahasiswa mungkin agak sulit untuk merutinkan sarapan yak? Nah solusi yang diberikan dokter adalah, cukup siapkan susu siap saji seperti susu cair atau susu bubuk siap seduh, jadi tinggal seduh pake air hangat ketika akan berangkat ke kampus, dan tambahkan juga sepotong roti isi atau dua potong roti tawar. Sarapan eggak harus makan berat kok, susunya juga gak kudu susu beruang, yang penting makanan yg bergizi dan cukup memberikan energi sampai makan siang. Nah ketika makan siang, makanlah makanan dengan porsi energi lebih banyak, usahakan sayur2n dan cukup serat. Untuk makan malam dapat disesuaikan. Intinya makan itu tidak perlu banyak, sedikit-cukup-dan bergizi. Pastikan mengunyah sampe halus ya, jangan masih gelondongan asal telen.wkwkwwkw.

Tips kedua dari dokter adalah makanlah ditempat yang bersih, misalkan di warung makan pilihlah yang tempatnya higienis. Agak repot juga sih milih tempat makan yang dibilang ‘higienis’ gitu,hehehe, selektif aja milih tempat makan ya.... selanjutnya , usahakan tempat kita makan semua peralatan makan di cuci dengan air mengalir. Hindari tu makan di mang-mang tukang bakso yang mangkoknya Cuma ditaro di ember pas nyucinya. Terapkan juga itu pada saat kita mencuci peralatan makan kita di kosan/dirumah. Jangan lupa juga mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan setelah buang air besar. Biar bakteri yang dah di keluarin gak masuk lagi,hehehehe. Jangan suka memelihara kuku panjang juga ya, itu sarang kuman n bakteri :D

Nah sebagai tambahan juga kata dokter rutinkan minum y*k*lt atau v*t*c*rm atau sejenisnya lah, hal ini akan mengurangi keluahan mahasiswa sakit paa sistem pencernaan.

Well, kedengaran mahal ya pola hidup mahasiswa kek gt, apalagi mahasiswa dg jatah uang pas-pasan.hehehehe. tapi mungkin bagi temen-temen yg sudah pernah sakit (halah, hehehe) tau ya, klo biaya penyembuhan sakit jauuuuuuh lebiiih mahal daripada pola hidup sehat. Okelah ya klo sakitnya maag biasa, diare, asam lambung, dateng aje ke klinik bayar goceng dapet deh obat sehari-dua hari-tiga hari Insya Allah sembuh. Tapi klo diagnosisnya seputar tipus, infeksi lambung, bahkan sampe kena liver. Hmmmm,,, bisa lah ya dibayangin sendiri rugi bandar iya, rugi waktu juga iya. Pergi ke laboratorium cek up ini itu, pake duit, belum lagi beli obatnya, Saya yakin untuk mahasiswa jatah uang jajan bulanannya menengah kebawah langsung lenyap gak bersisa deh uangnya Cuma buat nebus obat (wkwkwkwkwkw,pahit bangeet ne pengalaman) apalagi klo udah harus dan kudu dirawat. Gak bisa kuliah, ketinggalan pelajaran, yg akibatnya UTS-UAS-organisasi gak maksimal.

Balik ke prolog awal tadi deh, kenapa saya review acara infotaiment,hehehe. Kasus seorang artis yang harus dirawat di RS setelah beberapa kali bolak-balik ke dokter,atau seorang ibu yang meninggal karena sakit LIVER yg bermula dari maag. Mungkin banyak diantara teman-teman yg sering berpikir “ah Cuma sakit perut biasa”  ato “aah Cuma maag” terus merasa baik-baik saja. Padahal ternyata ada sesuatu yang salah pada tubuh kita. Saran saya sebaiknya segera diobati, maag akut dapat menyebabkan tipus. Tipus juga macem2 menyerangnya, dan tipus paling parah dan –katanya- paling jarang di derita adalah bakteri tipus yg menyerang pankreas (semoga tidak ada lagi yang kena tipus jenis ini). Karena terlalu berat bekerja, tipus dapat berakibat pada hati, hati membengkak dan tidak bisa menyerap racun dengan baik, akibatnya kena LIVER.  Sakit liver dapat pula menyebabkan hepatitis A maupun B tergantung pada daya tahan tubuh. Serem *__*

Sebenarnya sakit liver bisa diobati dg pengobatan rutin dan teratur, tentu diimbangi pola makan dan hidup yang baik. Terus kenapa liver bisa menyebabkan kematian??? Lihat kasus di berita infotaiment tadi, jadi saat beliau kena liver, dan hati sudah membengkak, dibiarkan begitu saja sehingga dari bengkaknya itu muncul rongga di hati, jadi bolong terus gak bisa menyerap zat racun, nyampur deh ketubuh. Jadi intinya adalah penangaan sejak dini dan jangan meremehkan sakit. Mungkin itu adalah saat dimana tubuh kita minta diperhatikan setelah sekian lama kita beraktifitas dan lupa pada tubuh. Gejala tipus gak bakal begitu terasa untuk mahasiswa SOK SIBUK (halah,hehehe) paling demam,pusing,mual,diare,lemas, lidah putih, sakit perut dibagian kiri (untuk bakteri tipus di bagian lambung) dan sebelah kanan (untuk bakteri tipus di bagian pankreas dan ulu hati). 
Atau lebih parah lagi sakit perut sebelah kanan sampe ke punggu bahkan sesak napas, deman tidak beraturan, dan sering merasa nyeri perut setelah makan,lemas mendadak, tiba2 kulit agak kekuningan, dan air kencing berwarna kuning pekat atau kecoklatan, jika itu yang dirasakan, segera ke dokter, ke laboratorium tes darah, SGPT,SGOT,ato apalah itu banyak pokoknya –“,segera tangani, barangkali teman-teman kena LIVER (naudzubillah)

Bagi teman-teman yang sedang dalam masa penyembuhan dengan sakit apapun itu, tetap semangaaat, minum obat dengan teratur, yg harus diminum tiap 12jam ya patuhi itu, yg kudu diminum jam 4 pagi ya laksanakan itu, yg obatnya gak boleh putus ya jgn sampe lupa diminum. mau sebanyak dan segede apapun obatnya ya makan aja siiih tinggal makan ini kan gak kudu nyari kemana2 dulu :)

Klo disuruh kudu makan makanan direbus ato ditumis ya makan aja, klo gak boleh makan coklat/eskrim padahal suka bangeet ya patuhi dulu (hiks.sedih ya tapi L) klo makanannya gak boleh bersantan, gak boleh mengandung minyak, gak boleh ada penambah rasa, terus tiap hari musti kudu makan makanan yg hambar-hambar gimana gitu, yaaaa jalani aja dulu.... anggap itu sebagai bayaran karena selama ini KURANG AMANAH sama tubuh sendiri (hahahha, jahat)
ato klo kata dokter “Allah itu sayang sama kamu, karena kamu dikasih kesempatan ngerasain sakit yg mungkin gak banyak orang diberi rasa sakit itu” atoo inget kata2 seorang teman “sakit itu bisa mendiskon dosa kita” hahahahhahaahhahaa... tetap semangattt teman-teman karena seyogyanya MAHASISWA punya semangat yang luar biasa :)

Mahasiswa itu kudu sehat, pola makan teratur dan pola hidup sehat.
Salam mahasiswa sehat ! ^^


PS: 
Hmmmm, maaf yaaa.... saya bukan ahli di bidang kesehatan dan bukan sok tau dg menulis seperti ini, hanya sedikit berbagi dg mereview apa yg sudah dokter katakan  jadi segala bentuk kesalahan harap maklum dan Untuk informasi lebih akurat silahkan tanya mbah google, ato langsung ke dokter terdekat :pp



| Free Bussines? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comment yaa.....