Sabtu, 18 Juni 2011

apa sih urgensi solat berjamaah???

Sedikit ingin berbagi pengalaman hari ini ketika aku pergi ke salah satu tempt wisata yang cukup terkenal di kota ini.

Saat itu adzan Dhuhur berkumandang, meskipun suaranya sayu-sayu, Alhamdulillah aku masih bisa mendengarnya. Segera aku berjalan ke Mushola terdekat. Aku mengikuti tanda panah yang menunjukkan tempat solat itu berada. Waah, Subbhanallah banget, antri minta ampun tempat wudhunya. Artinya kesadaran solat di tempat ini begitu tinggi. Alhamdulillah :)

Selesai berwudhu aku bergegas menuju tempat solat, kalau bisa ikut jamaah. Sesampainya di sana saya menemukan sebuah ruang kecil yang disulap jadi tempat solat dan itu penuh banget.... aku mencoba memaksakan masuk dengan anggapan badanku kan kecil jadi nyempil-nyempil juga bisa. Hehehehe... tapi ternyata dugaanku salah, itu ruangan benar-benar penuh sampe kebelakang pintu lhoo...  Ya sudah, kuputuskan untuk menunggu saja.

Tak lama kemudian, ada rombongan ibu-ibu yang juga mau solat,  tiba-tiba aja membuka pintu ruang solat itu dan terdengar suara “dugg!!” Astagfirullah, ternyata ibu dibalik pintu itu lagi sujud. “Maaf bu, ini ruangnya penuh, dibelakang pintu itu ada orangnya, kasian klo kena kepala pintunya” kataku. “ah, iya neng, saya juga tahu itu ruangan penuh, gak usah dikasih tau” eaaalah ibunya nyolot. Yaudaah aku diem.

Belum ada 3 menit nunggu, ibu itu maksa lagi buka pintunya, “dug!!” again! Kasian amaat, “maaf bu itu ada orang dibelakangnya” aku bilang. Ibunya diem aja, trs ngomong sama temenya, pake bahasa sunda tapi aku sedikit bisa memahami apa yg mereka bicarakan. kurang lebih: 
Ibu A “itu mereka jamaah ya? Aah, bikin laamaa, gak tau apa ya yg antri banyak”
Ibu B “iya jamaah, mending solat sendiri-sendiri aja gak usah lama-lama solatnya!”
ibu A “hese klo solat jamaah, klo perseorangan bisa selesai duluan trs gantian, ngapain pake jamaah”
(begitulah yang saya tangkap dari pembicaraan mereka, maaf jika ada kesalahan, saya tidak pandai berbahasa sunda :p)

Dalam hati aku berkata “Astagfirullah, ada ya orang yang kaya gini,,, apa memang esensi solat berjamaah itu belum dimengerti sama masyarakat ya,,,” terus aku kepikiran apa yang bisa aku lakuin biar mereka ngerti “mungkin tadi mereka selesai wudhunya bareng2, jadi solatnya jg bareng2, mungkin lebih berkah juga bu klo solatnya bareng2”
Si ibu A jawab “neng gak usah bawel deh, kami tu dikejar sama waktu, dagangan gak ada yang jaga”
(sejak kapan waktu punya kaki dan ngejar2 ibu ini?? hehehehe)
Ibu B nambahin “klo mau solat jamaah tu pas solat tarawih aja sana di Masjid, gak usah disini”
Deg!! (Kali ini aku ngerti mereka ngemeng apa karena mereka pake bahasa Indonesia). Tapi jujur aku kaget bukan main pas ibunya jawab kaya gitu, dan aku speechlees.... “mereka adalah audiance dakwah yang ekstrim klo misalkan ditempat ini ada kajian” pikirku saat itu. ---" geje.

Segera setelah jamaah didalam mengucap salam, kedua ibu itu masuk tanpa mengunggu yang di dalem keluar... jadilah mobilisasi yg tidak efektif. Sampe ada salah satu ibu di situ berkata “Ya Allah bu yg sabar, biar yang di dalem keluar dulu” ckckckckck

Sesampainya di dalam aku melihat kedua ibu2 itu solat,solatnya cepet bangettt.... klo kata sodara saya (Mardiyanti Harnita) itu namanya solat ayam,,, karena solatnya kaya ayam lagi mathok biji. Astagfirullah. 

Pelajaran banget dah kejadian itu, urgensi solat berjamaah berpengaruh pada sikap kita ke sesama, bahkan berpengaruh pada sikap solat yang notabene media kita berkomunikasi dengan Allah.

Gak ngebayanging klo dua ibu itu ikut solat jamaah di Masjid kampusku. gak cuma dikejar waktu kali, tapi dihantui waktu.....  hehehehehe

| Free Bussines? |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comment yaa.....